TERKINI  
   

Kinerja Pelayanan

Kinerja Pelayanan Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan meliputi :

  • MEDIA CENTER Media center dirancang untuk mengembangkan pelayanan informasi kepada publik sebagai bagian dari upaya mendorong masyarakat dalam mendapatkan informasi yang akurat, cepat, mudah, dan terjangkau. Keberadaan media center juga merupakan sebuah satuan sinergi yang melekat pada lembaga informasi dan informatika tiap daerah yang membutuhkan.
  • PENERAPAN TATA KELOLA TIK dalam hal ini Pemeringkatan e-Government merupakan kegiatan yang diadakan dalam rangka untuk melihat peta kondisi pemanfaatan. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh lembaga-lembaga pemerintah secara nasional yang tujuannya adalah sebagai berikut :
    • Menyediakan acuan bagi pengembangan dan pemanfaatan TIK dilingkungan pemerintah;
    • Memberikan dorongan bagi peningkatan pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah melalui evaluasi yang utuh, seimbang, dan obyektif;
    • Mendapatkan peta kondisi pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada khususnya dan secara nasional pada umumnya;
  • SURAT MENYURAT ELEKTRONIK (E-OFFICE)  dimaksudkan untuk mempermudah pekerjaan administrasi perkantoran yang dilakukan secara elektronis dan menggunakan bantuan alat komunikasi dan sistem informasi;
  • FASILITASI COLOCATION DAN HOSTING merupakan  pelayanan teknis kepada OPD Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten/Kota dengan menempatkan server dan aplikasinya untuk memperoleh fasilitas akses internet dalam mendukung layanan informasi publik;
  • KEAMANAN INFORMASI untuk  mengevaluasi  keamanan  informasi yang ada di Prov. Sumsel, adapun evaluasi dilakukan terhadap beberapa area target penerapan keamanan informasi dengan ruang lingkup pembahasan yang juga memenuhi semua aspek keamanan yang didefinisikan oleh standar SNI ISO/IEC 27001 : 2009;
  • INFRASTRUKTUR JARINGAN TIK merupakan layanan fasilitasi keterhubungan antar OPD untuk mengintegrasikan, sistem informasi, pertukaran data dan informasi dalam rangka mengimplementasikan e-goverment dan layanan publik;
  • JASA POS DAN TELEKOMUNIKASI merupakan kegiatan pelayanan, pembinaan, pengawasan, bidang pos, telekomunikasi dan telekomunikasi khusus diantaranya Pembinaan  dan  Pengawasan menaRa Telekomunikasi, Bimbingan Teknis Amatir Radio dan Komunikasi Radio Antar Penduduk serta Pemberian Bimbingan Teknik Kewajiban Pelayanan Universal (KPU/USO);
  • PEMBERDAYAAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) merupakan  upaya  untuk  memberdayakan  lembaga  komunikasi  sosial yang berbasis kelompok masyarakat dengan tugas untuk mengumpulkan mengolah dan menyebarluaskan informasi khususnya yang berkenaan dengan potensi wilayah sekitarnya; 
  • FORUM KOMUNIKASI MEDIA TRADISIONAL merupakan salah satu bentuk media tradisional yang komunikatif dalam bentuk kelompok seni pertunjukan rakyat yang mampu menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat;
  • FORUM BAKOHUMAS PROVINSI SUMATERA SELATAN merupakan kegiatan forum pertemuan untuk menyamakan persepsi program dan kebijakan pemerintah antar-Humas OPD Provinsi dan BUMN/BUMD dengan berbagai stakeholder pembangunan di wilayah Provinsi Sumatera Selatan;
  • K. MEDIA ON-LINE merupakan fasilitas akses informasi berbasis TIK untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat melalui situs www.sumselprov.go.id dan www.kominfo.sumselprov.go.id;
  • FASILITASI KOMISI INFORMASI PROVINSI (KIP) merupakan lembaga mandiri  yang  berfungsi  menjalankan  UU  KIP dan  peraturan pelaksanaannya, menetapkan petunjuk teknis standar layanan informasi publik dan menyelesaikan sengketa informasi publik melalui mediasi dan/atau ajudikasi nonlitigasi. Mediasi adalah penyelesaian sengketa informasi publik antara para pihak melalui bantuan mediator Komisi Informasi. Sedangkan ajudikasi nonlitigasi adalah proses penyelesaian sengketa informasi publik antara para pihak yang diputus oleh Komisi Informasi;
  • COMMAND CENTER merupakan sebuah sistem dimana pengawasan suatu wilayah cukup hanya dengan menatap layar komputer dan pengoperasiannya dilakukan oleh ahli-ahli teknologi computer dan untuk mengakses info, user/masyarakat cukup menggunakan komputer atau gadget yang terintegarsi ke internet. Dalam Command Center tersebut terdiri dari berbagai aplikasi yang bisa memonitor keadaan wilayah Sumatera Selatan. Di dalamnya ada data cuaca, peta, video feed, special vehicles location, video analisis dan sebagainya. Sebagai penunjang akan dipasang CCTV. Rekaman-rekaman CCTV tersebut nantinya akan dianalisis lebih detil sehingga timbul notifikasi sesuai kebutuhan. Fungsi dari Command Center sendiri adalah untuk menyempurnakan pelayanan publik keluar, dan  mempermudah pelayanan kedalam yakni manajemen pengambilan keputusan cepat. Command center ini, akan menjadi pusat data informasi dari seluruh instansi di lingkungan Pemprov Sumsel.