TERKINI  
   
  • Gubernur Sumatera Selatan menyampaikan visi-misi masa jabatan 2018-2023 di Rapat Paripurna Istimewa XXVI DPRD Provinsi Sumsel, Senin (8/10/2018). Visi Sumatera Selatan Maju Untuk Semua dan lima misi yaitu pertama Membangun Sumatera Selatan, berbasis ekonomi kerakyatan yang didukung oleh sektor pertanian, industri dan UMKM yang tangguh untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan diperkotaan maupun pedesaan, kedua meningkatan SDM baik laki-laki maupun perempuan yang sehat, berpendidikan, profesional dan menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, kejujuran dan integritas, ketiga mewujudkan tata kelola pemerintah yang bebas KKN dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang didukung aparatur pemerintah yang jujur, berintegritas, profesional dan responsif. Misi yang keempat yaitu membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, termasuk infrastruktur dasar guna percepatan pebangunan wilayah pedalaman dan perbatasan, untuk memperlancar arus barang dan mobilitas penduduk, serta mewujudkan daya saing daerah dengan mempertimbangkan pemerataan dan keseimbangan daerah, dan kelima meningkatan kehidupan beragama, seni dan budaya untuk membangun karakter kehidupan sosial yang agamis dan berbudaya dengan ditopang fisik yang sehat melalui kegiatan olahraga, sedangkan pengembangan pariwisata berorientasi pada pariwisata religius.

Berita Nasional
| Back

Sabtu, 08 Februari 2020 (15:23)

JOKOWI : Masyarakat Sehat, Masyarakat yang Menerima Informasi Sehat

Banjarmasin, sumselprov.go.id-Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Prov Sumsel H. Achmad Rizwan S.STP, MM menghadiri puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjar Baru, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (08/02/2020) Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dalam sambutannya didepan ribuan tamu undangan yang terdiri dari para Duta besar, wartawan, pejabat pemerintahan, swasta dari seluruh penjuru tanah air, Jokowi mengatakan bahwa dalam kegiatannya sehari-hari sebagai Kepala Negara Republik Indonesia tidak dapat lepas dari insan pers. Tanpa mereka, informasi pembangunan baik yang telah, sedang dan akan dilaksanakan tidak akan sampai ke masyarakat.

"Saya mengapresiasi Peran Pers sebagai Pilar Demokrasi yang ke 4 dalam pelaksanaan Pilpres 2019 yang diakui sebagai Pemilu dan terunik di Dunia yang berperan dalam mendorong partisipasi masyarakat juga menjaga situasi negara yang kondusif" ujar Jokowi.

Lanjutnya Peran Pers juga sangat dibutuhkan dalam situasi yang membahayakan, seperti saat ini merebaknya berita mengenai virus Corona. Banyak berita yang tersebar di masyarakat saat ini antara berita yang benar tecampur dengan berita bohong atau hoaks. Di sinilah peran pers dalam meluruskan dan mempublikasikan kebenaran berita tersebut agar masyarakat tidak bertambah panik akan bahaya virus mematikan tersebut.

Negara sangat membutuhkan pers dalam perspektif berdiri di depan untuk menyaring berita yang benar dan memperbaiki kekacauan berita yang membingungkan masyarakat seperti hoaks, ujaran kebencian, fitnah dan provokasi dengan mengabarkan berita baik dan agenda-agenda besar bangsa Indonesia.

"Masyarakat Sehat, Masyarakat yang Menerima Informasi Sehat dan baik. Informasi yang baik memerlukan jurnalisme yang baik dan ekosistem yang baik serta dibutuhkan Industri pers yang baik pula" imbuh Jokowi.

Dalam kesempatan ini juga ditampilkan video rencana pembangunan Ibukota Negara di Kalimantan Timur.

Di akhir acara diberikan Anugerah Jurnalistik Adinugroho dari PWI bagi insan Pers yang berprestasi dan Perusahaan yang memiliki andil besar dalam kemajuan pers.

Di saat yang sama, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru melalui Kadis Kominfo Prov Sumsel mengatakan di Sumatera Selatan peran pers dalam mendukung penyampaian informasi pembangunan Sumsel sudah berjalan sebagaimana mestinya. Informasi disampaikan melalui media cetak, elektronik dan media sosial. Begitu juga hubungan dengan insan pers Sumsel terjalin dengan baik.

Turut hadir Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Ketua PWI Pusat Atal S. Depari, para Pejabat Negara, para Kepala Daerah se Indonesia.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.