TERKINI  
   
  • Gubernur Sumatera Selatan menyampaikan visi-misi masa jabatan 2018-2023 di Rapat Paripurna Istimewa XXVI DPRD Provinsi Sumsel, Senin (8/10/2018). Visi Sumatera Selatan Maju Untuk Semua dan lima misi yaitu pertama Membangun Sumatera Selatan, berbasis ekonomi kerakyatan yang didukung oleh sektor pertanian, industri dan UMKM yang tangguh untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan diperkotaan maupun pedesaan, kedua meningkatan SDM baik laki-laki maupun perempuan yang sehat, berpendidikan, profesional dan menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, kejujuran dan integritas, ketiga mewujudkan tata kelola pemerintah yang bebas KKN dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang didukung aparatur pemerintah yang jujur, berintegritas, profesional dan responsif. Misi yang keempat yaitu membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, termasuk infrastruktur dasar guna percepatan pebangunan wilayah pedalaman dan perbatasan, untuk memperlancar arus barang dan mobilitas penduduk, serta mewujudkan daya saing daerah dengan mempertimbangkan pemerataan dan keseimbangan daerah, dan kelima meningkatan kehidupan beragama, seni dan budaya untuk membangun karakter kehidupan sosial yang agamis dan berbudaya dengan ditopang fisik yang sehat melalui kegiatan olahraga, sedangkan pengembangan pariwisata berorientasi pada pariwisata religius.

Berita Nasional
| Back

Kamis, 26 Desember 2019 (10:50)

Pertama Di Dunia, Indonesia Launching Program Mandatori B30

Jakarta, sumselprov.go.id - Program Mandatori B30 adalah usaha Pemerintah mencari sumber-sumber energi baru terbarukan (EBT) dan pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (BBN) sebagai salah satu energi alternatif di masa depan.

Selain itu, pengembangan EBT juga membuktikan komitmen Pemerintah untuk menjaga bumi dan energi bersih dengan menurunkan emisi gas karbon dan menjaga kualitas lingkungan. Program Mandatori B30 ini adalah campuran biodiesel 30% dan 70% BBM jenis solar dan akan diimplementasikan secara serentak di seluruh Indonesia mulai 1 Januari 2020.

Program B30 ini juga akan mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor BBM lho. Melalui pengimplementasiannya dapat menghemat devisa hingga Rp 63 triliun. Peningkatan permintaan domestik terhadap CPO (Crude Palm Oil) juga akan berdampak bagi sekitar 16,5 juta petani kelapa sawit di Indonesia. .

Dari Serangkaian uji coba, terhitung dari 2008, program mandatori biodiesel mulai diimplementasikan. Secara bertahap campuran biodiesel sebesar 2,5% hingga saat ini mencapai B30 berhasil dilakukan. Upaya pemanfaatan energi baru terbarukan bagi ketahanan energi nasional akan terus dilaksanakan.

Pada tahun 2019, dilakukan uji Jalan B30 untuk kendaraan dengan kapasitas <3,5 ton dan >3,5 ton dilaksanakan selama bulan Mei - November 2019 dengan melibatkan Kementerian ESDM, BPDPKS, BPPT, PT Pertamina (Persero), APROBI, GAIKINDO, dan IKABI.

Ayo kita dukung terus upaya Pemerintah dalam mewujudkan ketahanan energi nasional dan energi bersih dengan memanfaatkan sumber energi baru terbarukan.

Indonesia pun tercatat sebagai negara pertama yang mengimplementasikan B30 di dunia.

Program Mandatori B30 ini dilaunching langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo di SPBU Pertamina MT Haryono 31.128.02 Jakarta, Senin (23/12/2019)

MC Diskominfo Prov. Sumsel/TM