TERKINI  
   
  • Gubernur Sumatera Selatan menyampaikan visi-misi masa jabatan 2018-2023 di Rapat Paripurna Istimewa XXVI DPRD Provinsi Sumsel, Senin (8/10/2018). Visi Sumatera Selatan Maju Untuk Semua dan lima misi yaitu pertama Membangun Sumatera Selatan, berbasis ekonomi kerakyatan yang didukung oleh sektor pertanian, industri dan UMKM yang tangguh untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan diperkotaan maupun pedesaan, kedua meningkatan SDM baik laki-laki maupun perempuan yang sehat, berpendidikan, profesional dan menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, kejujuran dan integritas, ketiga mewujudkan tata kelola pemerintah yang bebas KKN dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang didukung aparatur pemerintah yang jujur, berintegritas, profesional dan responsif. Misi yang keempat yaitu membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, termasuk infrastruktur dasar guna percepatan pebangunan wilayah pedalaman dan perbatasan, untuk memperlancar arus barang dan mobilitas penduduk, serta mewujudkan daya saing daerah dengan mempertimbangkan pemerataan dan keseimbangan daerah, dan kelima meningkatan kehidupan beragama, seni dan budaya untuk membangun karakter kehidupan sosial yang agamis dan berbudaya dengan ditopang fisik yang sehat melalui kegiatan olahraga, sedangkan pengembangan pariwisata berorientasi pada pariwisata religius.

Berita Sumsel
| Back

Sabtu, 24 Agustus 2019 (16:30)

Peringati Hapernas, Gubernur Sumsel Canangkan BPS Land Bagi ASN, TNI dan Polri

Palembang, sumselprov.go.id – Dalam rangka dukung Program Sejuta Rumah yang telah dicanangkan pemerintah sejak tahun 2015 yang lalu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) Kodam II Sriwijaya , Polda Sumsel bersama PT. Cipta Arsigriya selaku pengembang perumahan secara bersama-sama merealisasikan ide mulia untuk menghadirkan hunian layak huni bagi masyarakat luas yaitu BPS (Bhayangkara Praja Sriwijaya) Land.

Menyikapi hal tersebut diatas Gubernur Sumatera Selatan  H Herman Deru, bersama Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR RI, Khalawi Abdul Hamid melakukan Pencanangan dan Ground Breaking Pembangunan Perumahan Bhayangkara Praja Sriwijaya (BPS) Land Palembang di Kawasan Perumahan Citra Grand City Kecamatan Alng-alang Lebar Palembang, Sabtu (24/08/2019).

Pencanangan perumahan BPS Land merupakan bagian dari peringatan Hari Perumahan Nasional (Harpenas). Perumahan yang bersubsidi dideveloper PT. Cipta Asrigriya yang berada di kawasan Citra Grand City diperuntukkan bagi ASN, TNI dan Polri termasuk juga umum dibangun diatas lahan seluas 50 Hektar sebanyak 3.000 unit rumah tipe 36 dan 72.

Gubernur H.Herman Deru menilai kebutuhan akan rumah sangat besar bahkan Presiden RI Joko Widodo pun mencanangkan program satu juta rumah. “saya bangga atas dilakukkannya pencanangan perumahan ini,” katanya.

Menurutnya, perumahan yang berada di kawasan Citra Grand City merupakan kebanggan tersendiri bagi masyarakat yang membeli rumah disini. Oleh karena itu dia berharap pembangunan perumahan ini harus memiliki kualitas baik dilengkapi fasilitas umum yang layak.  Tentunya dengan memperhatikan dari segi aspek keamanan dan kenyaman warga.

Sebagai Gubernur, dirinya mengajak semua pihak untuk memberikan insetif dengan kemudahan. Pemprov Sumsel bersama Kementerian PUPR akan bekerjasama menyediakan angkutan umum disini. “Dengan jarak yang hampir kurang lebih satu kilometer, saya jamin untuk angkutan umum/Satel Bus akan disediakan disini,”katanya.

Sementara Chandra Huisanto selaku Direktur Utama PT. Cipta Asrigriya selaku pengembang BPS Land, yang sudah berpengalaman sejak tahun 1995 dalam bidang konstruksi, baik di Kota Palembang maupun berbagai daerah di Indonesia menyampaikan dalam membangun kawasasan BPS Land pihaknya sangat concern dengan kualitas bangunan.

“Kami membangun rumah murah namun tidak murahan. Semuanya kami pertimbangkan, demi menjaga kualitas bangunan tetap baik, namun dengan harga terjangkau. Bahkan kami juga melakukan pengawasan secara langsung untuk  menjaga kualitas huniannya,” tutur Chandra.

Dalam memenuhi kebutuhan hunian masyarakat. BPS Land menghadirkan hunian dengan tipe 36

“Tipe ini kami beri nama Agatis dengan luas tanah 72 meter persegi dan luas bangunan 36 meter persegi. Dengan ukuran yang minimalis, kami menjaga agar para penghuni tetap merasa nyaman dengan membuat tinggi rumah mencapai 3 meter. Jadi tetap terkesan lega,” lanjut Chandra

BPS Land membuktikan komitmen pembangunan perumahan berbasis komunitas ini, dengan progress yang sangat massive.

“Sejak awal Januari 2019 Ialu, kami terus menerus gencar mempercepat pembangunan 2000 unit. Ditahap pertama ini, kaml telah membangun infrastruktur mulai dari land clearing sampai pembentukan Iahan dan jalan akses dengan daerah milik jalan seluas 8 dan 10 meter. Kami juga telah bersinergi dengan PLN untuk jaringan listrik, dimana saat ini tilang listrik sudah terpasang di sebagian area tahap I. Begitu juga dengan perusahaan air bersihh untuk pemasangan jaringan distribusi air bersih bersama PDAM ATS,” ujar Chandra

Selaln membangun Infrastruktur, BPS Land saat ini juga sudah memasuki progress pembangunan unit.

“Kurang lebih saat ini sudah dibangun 300 unit yang under construction dengan progress yang variatif mulai 40%-80%. Langkah kedepan tentunya kami akan segera melengkapi sarana umum yang didukung dengan arahan dan bantuan dari PUPR berupa jalan beton, saluran, sambungan Instrik dan air, dan lain-lain,” terang Chandra

Dalam memasarkan hunian bagi komunitas masyarakat kota Palembang, Chandra menuturkan bahwa pihaknya didukung oleh berbagai plhak.

“lni tidak semata mata hasil kerja kami, namun ini hasil kerja bersama. Kami ingin mengucapkan ke berbagai pihak yang sudah mendukung terwujudnya BPS Land seperti, Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang, PUPR, Kodam II Sriwijaya dan Polda Sumsel serta rekanan dan pihak perbankan seperti Bank BTN, BRI, Sumsel Babel dan Mandri,” urai Danny lagi.

“Harapan kami, BPS Land ini mampu menjadi solusi ketersediaan hunian bagi komunitas masyarakat di Kota Palembang, sehingga dapat bersama sama mendukung terwujudnya program Sejuta Rumah,” tutup Chandra.

MC Diskominfo Prov.Sumsel/CleY