TERKINI  
   
  • Gubernur Sumatera Selatan menyampaikan visi-misi masa jabatan 2018-2023 di Rapat Paripurna Istimewa XXVI DPRD Provinsi Sumsel, Senin (8/10/2018). Visi Sumatera Selatan Maju Untuk Semua dan lima misi yaitu pertama Membangun Sumatera Selatan, berbasis ekonomi kerakyatan yang didukung oleh sektor pertanian, industri dan UMKM yang tangguh untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan diperkotaan maupun pedesaan, kedua meningkatan SDM baik laki-laki maupun perempuan yang sehat, berpendidikan, profesional dan menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, kejujuran dan integritas, ketiga mewujudkan tata kelola pemerintah yang bebas KKN dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang didukung aparatur pemerintah yang jujur, berintegritas, profesional dan responsif. Misi yang keempat yaitu membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, termasuk infrastruktur dasar guna percepatan pebangunan wilayah pedalaman dan perbatasan, untuk memperlancar arus barang dan mobilitas penduduk, serta mewujudkan daya saing daerah dengan mempertimbangkan pemerataan dan keseimbangan daerah, dan kelima meningkatan kehidupan beragama, seni dan budaya untuk membangun karakter kehidupan sosial yang agamis dan berbudaya dengan ditopang fisik yang sehat melalui kegiatan olahraga, sedangkan pengembangan pariwisata berorientasi pada pariwisata religius.

Berita Sumsel
| Back

Rabu, 26 Juni 2019 (23:23)

Pemprov Sumsel Akan Siapkan Jaringan Internet Desa Berorientasi Aksi Sosial

Palembang, sumselprov.go.id- Pemprov Sumsel akan siapkan jaringan internet desa yang berorientasi pada aksi sosial. Program kerjasama jaringan dan internet di desa harus bersinergi dalam peningkatan layanan masyarakat, yaitu tidak berorientasi pada bisnis saja, namun juga harus memberikan aksi sosial yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru saat menerima perwakilan PT. Icon Plus, Hexa Data, dan Prodexim sehubungan dengan rencana Pengembangan Infrastruktur Jaringan Telekomunikasi di Lingkungan Pemprov Sumsel. Bertempat di Ruang Rapat Gubernur, Rabu, (26/06/2019).

“Kita boleh mengambil keuntungan, namun yang penting tetap ada aksi nyata yang kita perbuat untuk masyarakat,” ungkap Herman Deru.

Dia menargetkan agar rencana pengembangan infrastruktur jaringan telekomunikasi dapat diaplikasikan pada program internet desa. Pemerintah Daerah khususnya Pemprov Sumsel harus mampu menjalankan program internet desa minimal di tempat-tempat yang sering dikunjungi masyarakat, seperti  pasar dan taman.

“Tempat ramai pengunjung disediakan wifi secara gratis sesuai program saya,” tegasnya. Dengan kerjasama antara pemerintah dengan PT. Icon Plus, Prodexim, dan Hexa Data, maka akan tersedia spot-spot gratis  di seluruh Desa yang terhubung pada jaringan PLN.

“Saya ingin PT Icon Plus dan grupnya bersama Pemprov dapat membuat tindakan nyata yang bermanfaat bagi pelayanan masyarakat di desa,”  tutupnya.

Sementara itu, Perwakilan PT Icon Plus, Kuswowo, mengatakan sebagai anak perusahaan PLN, pihaknya memiliki tujuan untuk selalu meningkatkan badwith per kapita penduduk yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, terus dilakukan upaya kerjasama bersama pemda.

“Terbangunnya jaringan internet, akan mempermudah pengembangan potensi sumber daya alam dan juga sumber daya manusia yang ada di desa-desa,” jelas Dia.  Pihaknya juga telah memiliki konsep kerja yang berorientasi pada aksi sosial, lanjutnya.

Menurut Dia, PT Icon Plus telah memiliki fiber optic yang ada di kabel listrik PLN. Jaringan ini tersedia di seluruh desa yang telah tersambung listrik.  

“Pengembangan internet desa perlu didukung dengan kesiapan infrastruktur yang tepat dan memadai,” katanya.

Kegiatan ini juga dihadiri Asisten III Administrasi dan Umum Prof. Edwar Juliartha, Kadis Kominfo Prov. Sumsel Achmad Rizwan, SSTP., MM, pejabat OPD terkait di lingkungan Pemprov Sumsel, Direktur Utama Hexa Data, GM SBU Palembang, Direktur Keuangan dan SDM PT. Icon Plus, dan Direktur Utama Prodexim.

MC Diskominfo Prov. Sumsel/ PE