TERKINI  
   
  • Gubernur Sumatera Selatan menyampaikan visi-misi masa jabatan 2018-2023 di Rapat Paripurna Istimewa XXVI DPRD Provinsi Sumsel, Senin (8/10/2018). Visi Sumatera Selatan Maju Untuk Semua dan lima misi yaitu pertama Membangun Sumatera Selatan, berbasis ekonomi kerakyatan yang didukung oleh sektor pertanian, industri dan UMKM yang tangguh untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan diperkotaan maupun pedesaan, kedua meningkatan SDM baik laki-laki maupun perempuan yang sehat, berpendidikan, profesional dan menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, kejujuran dan integritas, ketiga mewujudkan tata kelola pemerintah yang bebas KKN dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang didukung aparatur pemerintah yang jujur, berintegritas, profesional dan responsif. Misi yang keempat yaitu membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, termasuk infrastruktur dasar guna percepatan pebangunan wilayah pedalaman dan perbatasan, untuk memperlancar arus barang dan mobilitas penduduk, serta mewujudkan daya saing daerah dengan mempertimbangkan pemerataan dan keseimbangan daerah, dan kelima meningkatan kehidupan beragama, seni dan budaya untuk membangun karakter kehidupan sosial yang agamis dan berbudaya dengan ditopang fisik yang sehat melalui kegiatan olahraga, sedangkan pengembangan pariwisata berorientasi pada pariwisata religius.

Berita Sumsel
| Back

Selasa, 18 Juni 2019 (22:06)

Gubernur Minta Hidupkan Kembali 10 Program Pokok PKK

Palembang, sumselprov.go.id -- Dipandang perlu untuk generasi muda, Gubernur Sumsel H.Herman Deru meminta agar pengurus TP PKK Provinsi Sumsel periode 2019-2024 yang baru dilantik segera menghidupkan kembali 10 Program Pokok PKK.

Menurut Ketua Pembina TP PKK Provinsi Sumsel Herman Deru, 10 Program PKK yang mencakup tentang; Penghayatan dan Pengamalan Pancasila;  Gotong Royong; Pangan ; Sandang
; Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga; Pendidikan dan Keterampilan; Kesehatan; Pengembangan Kehidupan Berkoperasi; Kelestarian Lingkungan Hidup; dan Perencanaan Sehat memiliki manfaat yang tinggi sehingga perlu disosialisasikan lagi agar diingat oleh masyarakat luas termasuk para generasi muda.

Kepada pengurus yang baru dikukuhkan tersebut Ia juga mewanti-wanti agar tidak mengeksklusifkan diri tapi sebaliknya mau merangkul masyarakat dari semua kalangan termasuk kalangan bawah.

"Tampaknya memang jadul tapi program itu manfaatnya tinggi. Makanya saya sebagai pembina minta agar ini disosialisasikan lagi dengan gencar dan dihidupkan kembali. Karena kalau ini dihapal saya yakin ada dampaknya," jelas  Herman Deru.

Pasca dilantik iapun meminta agar pengurus segera bekerja dengan kompak melakukan penataan organisasi serta terjun ke lapangan. Sehingga setiap program dan kerja yang dilakukan bisa melahirkan sebuah produk yang secara makro dapat menurunkan angka kemiskinan.

"Saya akan bantu agar setiap Bupati dan Walikota memberikan ruang dan keleluasaan anggaran bagi TP PKK di daerah. Tapi itu tadi harus kerja betul karena kalau tidak saya bisa juga kurangi anggaran itu" tambahnya.

Sebagai provinsi yang terkenal kaya SDA, Sumsel diakuinya butuh peran dan kinerja perempuan untuk mendorong pembangunan agar berlimpahnya SDA tidak sia-sia. Karena tak dipungkiri perempuan juga punya porsi yang besar mendukung kemajuan suatu daerah.

" Sesuai pepatah lama di balik Lelaki yang sukses ada perempuan yang hebat. Nah di Sumsel juga demikian perempuan punya peran besar. Hanya saja ada porsinya sendiri dan tanggungjawab sendiri. Seperti PKK ini adalah organisasi mewah karena PKK bisa dengan mudah melakukan kerjasama lintas instansi dengan mudah," bebernya.

Demikian halnya mengenai lamanya penetapan waktu pelantikan juga dibenarkan oleh Herman Deru. Menurutnya Ketua TP PKK punya pertimbangan tersendiri dan tidak mau gegabah. Dengan pemilihan yang selektif diharapkan pengurus baru PKK ini dapat semakin nyata mendukung pembangunan di Sumsel.

"Saya juga minta sekretariat dihidupkan kembali, alat komunikasi juga harus diupdate dan termasuk mempublikasikan semua kegiatan dan lainnya. Yang utama saya tunggu gerakannya di lapangan," tandasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Feby Herman Deru mengatakan dengan dilantiknya pengurus baru ini pihaknya akan segera menggelar rapat untuk membuat program kerja yang berkaitan dengan 10 program PKK  dengan kab kota.

" Setelah itu  melalui pokja-pokja kami akan mensosialisasikan.  Sesuai himbauan pak Gubernur kita juga akan lebih maksimal  merangkul masyarakat dari semua kalangan tak terkecuali kalangan bawah. Jadi kalau ada kegiatan itu bukan sekedar datang kemudian melihat hasil karya yang sudah jadi saja tapi kami juga akan merangkum masalah-masalah dari setiap kabupaten kota untuk dicarikan solusinya. Seperti soal U2PK dan pengemasan kita akan kerjasama dengan OPD yang terkait dengan itu" terang Feby.

Senada dikatakan Hj Fauziah Mawardi Yahya. Sesuai apa yang disampaikan oleh dewan pembina PKK pihaknya akan segera ke lapangan untuk menjalan 10 program PKK .  "Mudah2an saya dengan teman-teman yang sudah dilantik dapat lebih giat dan semangat. sehingga apa yang kami lakukan ini dapat menyentuh masyarakat bawah," jelasnya.

Adapun pelantikan Pengurus TP PKK Provinsi Sumsel 2019-2024 itu berdasarkan Keputusan Gubernur Sumsel Nomor 229/KPTS/DPMD/2019 tertanggal 23 April 2019. Mereka yanh dilantik masing-masing yakni Wakil Ketua I Hj.Fauziah Mawardi Yahya, Wakil Ketua II Hj Dr Ekowati SKM.Mkes, Wakil Ketua III Hj Fien Poerwadi, Wakil Ketua IV Hj. dr Saliliul Hulwan Mochtar M.Kes.

Kemudian Ir.Hj Endang Pratiwi, Wakil Sekretaris I Hj Aminah SE.MM , Wakil Sekretaris II Hartati Hikmaini S.Sos. Bendahara Hj Yuhilda SE.MM, Wakil Bendahara Musharmina S.Ap serta pokja-pokja lainnya

MC Diskominfo Prov.Sumsel/CleY