TERKINI  
   
  • Gubernur Sumatera Selatan menyampaikan visi-misi masa jabatan 2018-2023 di Rapat Paripurna Istimewa XXVI DPRD Provinsi Sumsel, Senin (8/10/2018). Visi Sumatera Selatan Maju Untuk Semua dan lima misi yaitu pertama Membangun Sumatera Selatan, berbasis ekonomi kerakyatan yang didukung oleh sektor pertanian, industri dan UMKM yang tangguh untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan diperkotaan maupun pedesaan, kedua meningkatan SDM baik laki-laki maupun perempuan yang sehat, berpendidikan, profesional dan menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, kejujuran dan integritas, ketiga mewujudkan tata kelola pemerintah yang bebas KKN dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang didukung aparatur pemerintah yang jujur, berintegritas, profesional dan responsif. Misi yang keempat yaitu membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, termasuk infrastruktur dasar guna percepatan pebangunan wilayah pedalaman dan perbatasan, untuk memperlancar arus barang dan mobilitas penduduk, serta mewujudkan daya saing daerah dengan mempertimbangkan pemerataan dan keseimbangan daerah, dan kelima meningkatan kehidupan beragama, seni dan budaya untuk membangun karakter kehidupan sosial yang agamis dan berbudaya dengan ditopang fisik yang sehat melalui kegiatan olahraga, sedangkan pengembangan pariwisata berorientasi pada pariwisata religius.

Berita Sumsel
| Back

Senin, 27 Mei 2019 (13:47)

Kominfo Ajak Siswa MAN 1 Palembang Me-LAPOR!

Palembang, sumselprov.go.id- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Selatan mengajak siswa-siswi menggunakan aplikasi SP4N LAPOR! apabila menemukan pelayanan publik yang kurang baik.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo Sumsel diwakili Kabid PIP Kominfo Sumsel, Amrullah, S.STP., M.Si dalam kata sambutannya di acara sosialisasi SP4N-LAPOR! dan pengukuhan Kawan LAPOR! Di MAN 1 Palembang, Senin, 27/5.

Amrul mengatakan sosialisasi SP4N LAPOR! diperlukan agar masyarakat lebih mengetahui peran SP4N LAPOR! untuk kehidupan khususnya dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik.

"Fasilitas pendidikan seperti ruang kelas yang baik adalah salah satu contoh pelayanan publik yang pemerintah berikan," katanya. Pelayanan publik yang kurang baik dapat disampaikan melalui aplikasi pelayanan publik SP4N LAPOR! yang dikelola oleh Kominfo.

"Jalan-jalan berlubang merupakan fasilitas pelayanan publik yang kurang baik,"  ujarnya. Masyarakat bertanggung jawab untuk menyampaikan pengaduan mengenai pelayanan publik yang kurang baik. Karena penyampaian pengaduan akan mencegah hal yang lebih buruk lagi.

Menambahkan Transformasi GIZ Kurniawan Wahid menjelaskan GIZ mendampingi pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan dua cara. Pertama yaitu inovasi yang bertujuan untuk memperkenalkan tentang pelayanan publik. Dan kedua untuk mendorong partisipasi masyarakat.

"SP4N LAPOR! dibuat untuk meningkatkan pelayanan publik,”terangnya.

Negara memiliki kewajiban kepada rakyat yaitu mensejahterakan, mengayomi, dan memberikan keadilan dalam konteks pelayanan publik. Negara bertanggung jawab untuk menjamin semua masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang terbaik. Setiap kewajiban dan tanggung jawab tersebut dilaksanakan melalui perangkat pemerintah.

"SP4N LAPOR adalah bentuk kewajiban masyarakat dalam mengingatkan pemerintah untuk memberikan pelayanan yang terbaik", ujarnya. Karena pemerintah harus bekerjasama dengan masyarakat dalam memperbaiki pelayanan publik.

Ia mengajak para siswa untuk aktif mengawasi kekurangan pelayanan publik dengan cara melapor melalui sms dengan cara ketik Sumsel (spasi) isi laporan kirim ke 1708. Atau melalui website para alamat url www.lapor.go.id.

Minimal ada empat factor tata cara penulisan yang harus diperhatikan yaitu 4W, What, When, Where, dan Who. “Laporan setidaknya menjelaskan laporan apa, kapan diliat, dimana lokasinya, dan siapa yang melapor,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Dra. Sulistiyani, MM mengatakan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Mudah-mudahan anak-anak dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan bermanfaat," ucapnya.

Dalam acara ini juga dilakukan pengukuhan 10 orang kawan LAPOR! sebagai perwakilan para siswa untuk menggencarkan penggunaan Lapor! di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Turut hadir dalam acara ini Kasi Pengolahan Media dan Informasi Publik, Azim Baidillah, S.H., M.H. dan guru-guru di Man 1 Palembang.

MC Diskominfo Prov. Sumsel/ PE / AD