TERKINI  
   

Berita Sumsel
| Back

Jumat, 05 April 2019 (21:29)

Pusat Informasi Terintegrasi, Bappeda Lampung Kunjungi Command Center Sumsel

Palembang sumselprov.go.id- Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan menerima kunjungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung ke Command Center Sumsel bertempat di Kantor Gubernur Sumsel, Jumat, (5/4/2019).

Plt Kadis Kominfo Provinsi Sumsel Jon Kenedy SE MSi mengatakan Command Center (CC) Sumsel dibangun karena terinspirasi dari CC kota Makassar yang dinilai sebagai CC terbaik di Indonesia.

“Command Center Sumsel dioperasikan untuk memberikan pelayanan publik terintegrasi dan juga sebagai pusat data atau pusat monitoring,” ungkap Jon.

Pembangunan CC Sumsel bertujuan untuk mensinergikan dan mengintegrasikan semua layanan publik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di lingkungan Provinsi Sumsel dan mempermudah pelayanan publik. “Semua pelayanan publik maupun data akan diintegrasikan dan terpusat di CC,” jelasnya.

Ada beberapa aplikasi yang ditampilkan di CC, diantaranya yaitu Website resmi Pemprov Sumsel, yang meliputi domain dan sub domain, pelayanan publik, berita, aplikasi e-planning, LPSE, dan lainnya.  

“Command Center ini menampilkan Dashboard yang memuat berbagai informasi dari berbagai aspek yang akan menunjang kinerja OPD maupun layanan publik,” ujarnya.

CC memiliki 30 CCTV di berbagai sudut kota Palembang. Saat ini CC masih dikelola oleh Diskominfo Sumsel bekerja sama dengan pihak Telkom.

Jon mengatakan CC telah banyak dikunjungi oleh DPRD, OPD, dan instansi yang berasal dari Sumsel maupun Provinsi lainnya.

“Setiap kunjungan akan memberikan pertukaran informasi, yang dapat digunakan untuk perbaikan pelayanan publik di daerah asal maupun tempat yang dituju,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Provinsi Lampung Elvira Umihanni menilai CC Sumsel sangat lengkap karena memiliki berbagai macam aplikasi yang terintegrasi yang didukung berbagai titik strategis yang terkoneksi dengan pemimpin daerah.

Aplikasi dan data yang tersedia akan mempermudah pimpinan memantau kota dan melihat perkembangan kinerja staf melalui media sosial dan juga berita. Selain itu, terkoneksi juga dengan  website kabupaten kota, BPS, BI, dan lainnya.  

“Semua informasi yang dibutuhkan pimpinan sudah dalam satu dashboard sehingga sangat memudahkan dalam pengambilan kebijakan,” katanya.

Elvira mengatakan kunjungan ini akan menginspirasi Pemprov Lampung dalam pembangunan command center.

“Diskominfo Lampung telah memiliki anggaran untuk pembangunan CC, namun hal ini harus tetap diiringi persiapan regulasi, SDM, dan pembinaan kepada OPD-OPD untuk mengintegrasikan aplikasi ke Command Center,” pungkasnya.  

Turut mendampingi dalam kegiatan ini yaitu para kasi bidang E-Gov dan Staf Kominfo Sumsel.

MC Diskominfo Prov Sumsel/ PE / Tim