TERKINI  
   

Berita Sumsel
| Back

Minggu, 17 Maret 2019 (21:28)

Rumusan Hasil Rakornis Rencana Kegiatan TRGD Sumsel Tahun 2019

Palembang, Sumselprov.go.id --  Rapat koordinasi teknis (Rakornis) Rencana Kegiatan TRGD Sumsel Tahun 2019  digelar di Hotel Swarna Dwipa  Palembang, Rabu (13/03/2019). Rakornis dengan tujuan menindak lanjuti hasil Rapat koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Restorasi Gambut Tahun 2019 di Jakarta Tanggal 4 – 5 Maret 2019.

Rakornis dipimpin langsung oleh Koordinator Tim Restorasi Gambut Daerah Provinsi Sumatera Selatan Dr. Najib Asmani didampingi KPA BRG Ir. Patah Dwi Cahyo  M.si, Kapokja Sumatera Ir. Soesilo M.Si, KPA TP Sumsel Ir. Hadenli Ugihan M.Si  yang juga merupakan narasumber pada kegiatan ini.

Dalam arahannya KPA BRG Ir. Patah Dwi Cahyo M.Si memaparkan tentang Peta Indikatif Restorasi dan Rencana Tindakan Tahun 2019 yang mencakup antara lain Data Lahan Gambut di 7 Provinsi (Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Papua, Riau, dan  Sumatera Selatan). Dan juga target restorasi BRG (PIR 1) yang disusun berdasarkan Kriteria Prioritas Restorasi 1 ditetapkan dalam SK nomor 05 tahun 2016.

Ir. Patah Dwi Cahyo M.Si mengatakan prinsip utaman dokumen perencanaan tidak sama dengan perencanaan kegiatan. “Kegiatan yang dirumuskan dalam Rencana Kontinjensi (RK) atau Rencana Tindakan Tahunan (RTT) masih bersifat indikatif dan didasarkan pada pendekatan ekosistem (hidrologis satu KHG)”, ujarnya.

Dtambahkan Ir. Patah “memerlukan penajaman teknis dan penyesuaian kondisi sosial ekonomi di setiap lokasi kegiatan untuk dapat dilaksanakan oleh setiap unit pelaksana dan Penyusunan Survey Investigation Design  (SID) untuk konstruksi sekat kanal dan penimbunan kanal, atau rapid Assessment”, pungkasnya.

Sementara Kapokja Wilayah Sumatera Ir. Soesilo Indrato, M.Si menyampaikan tentang Target Restorasi BRG berdasarkan Kriteria Peta Indikatif Restorasi dan rekapitulasi kegiatan tahun anggaran 2018 yang meliputi sebaran pembangunan sekat kanal dan sumur bor Provinsi Sumatera Selatan (Sumber dana APBN TA 2018) dan juga jenis kegiatan Revitalisasi yang terdiri Peternakan 15 Paket, Perikanan 5 Paket dan Pengembangan Komoditi Lokal (Murai Batu, Walet, Rusa, Lebah Madu dan Purun) 6 Paket.

Koordinator TRGD Sumsel, Dr. Najib Asmani memberikan arahan terkait Pelaksanaan Kegiatan Restorasi 2019 yaitu untuk pemilihan jenis Revitalisasi diusahakan mengikutsertakan masyarakat dengan mempertimbangkan ekosistem di sekitar wilayah desa.

“Untuk Revitalisasi agar mengakomodir 5 fokus jenis usaha yaitu Pengembangan Kerbau Rawa, Perikanan Air Tawar, Pengembangan Budidaya Nanas dan juga pengoptimalisasian produk Bios 44 untuk solusi pencegahan kebakaran sebagai Produk Inovasi Anak Bangsa serta penyususnan mekanisme kerja/TUPOKSI yang sistematis”, ujar Dr. Najib Asmani yang juga berprofesi sebagai Dosen di Unsri.

Disampaikan juga oleh Ir. Hadenli Ugihan, M.Si mewakili KPA TP Sumsel mengenai rencana anggaran TRGD, PPK 1, PPK 2 dan PPK 3.

MC Diskominfo Prov.Sumsel/CleY

Foto Nova, Destya