TERKINI  
   

Berita Sumsel
| Back

Kamis, 20 Desember 2018 (15:37)

HUT DWP Sumsel Dukung Penuh Program Pembangunan Nasional

Palembang sumselprov.go.id- Organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) sebagai pemersatu istri pegawai ASN adalah salah satu wadah untuk mengaktualisasikan dan mengimplementasikan ide-ide membangun dan bermanfaat bagi perkembangan kaum perempuan.

Hal ini diungkapkan Sekda Provinsi Sumsel, Nasrun Umar, dalam acara perayaan dirgahayu DWP ke-19 Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018 di Gedung Wanita Sriwijaya Rajawali Palembang, 20/12/2018, dengan mengusung tema optimalisasi potensi DWP untuk suksesnya pembangunan nasional

“Semoga DWP semakin terdepan dan jaya dalam meningkatkan peran serta untuk mewujudkan visi dan misinya, yaitu dengan berkesinambungan dan proaktif mengembangkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berwawasan global,” harapnya.

Ia mengungkapkan bahwa kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan DWP akan tetap bermitra secara sinergi dengan OPD terkait dan organisasi-organisasi wanita lainnya.

Jika kemitraan tersebut dapat dijalankan dan dapat dikembangkan bersama, maka sudah pasti akan tercipta proses pembelajaran, dan dapat melaksanakan upaya-upaya bersama dalam meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga dan masyarakat.

“Melalui DWP, peran dan posisi perempuan dalam pembangunan di Sumsel sudah menunjukan nilai positif dalam memberikan kontribusinya terhadap berjalannya roda pemerintahan,” katanya.

Dalam perayaan ini, diberikan beberapa piala penghargaan kepada para pemenang rangkaian acara perlombaan yang dilaksanakan pada 19/12/1018, yaitu lomba paduan suara dan line dance tobelo.

Daftar pemenang Lomba paduan suara DWP Kabupaten/Kota Se-Sumsel yaitu, Juara I DWP Kota Palembang, Juara II DWP Kabupaten OKU, Juara III DWP Kabupaten MUBA, Harapan I DWP Kabupaten OKU Selatan, Harapan II DWP Kota Prabumulih, Harapan III DWP Kabupaten Pali.

Lomba Paduan suara DWP OPD Provinsi Sumsel, Juara I DWP Dinas Pendidikan, Juara II DWP Dinas Kelautan dan Perikanan, Juara III DWP Setda, Harapan I DWP Bappeda, Harapan II DWP Dinas Kominfo, Harapan III DWP Dinas PU Bina Marga.

Lomba Line Dance Tobelo DWP Kabupaten/Kota Se-Sumsel, Juara I DWP Dinas PSDA, Juara II DWP Dinas perhubungan, Juara III DWP Dinas Pendidikan 1, Harapan I DWP Dinas PU Bina Marga, Harapan II DWP Dinas Pendidikan 2, Harapan III DWP RS Ernaldi Bahar.

Lomba Line Dance Tobelo DWP OPD Provinsi Sumsel, Juara I DWP Kabupaten Musi Banyuasin, Juara II DWP Kota Palembang (POL PP), Juara III DWP OKU Selatan, Harapan I DWP Kabupaten OI, Harapan II DWP Kabupaten PALI.

Ketua DWP Sumsel, Yusfa Apriani Ikhwanuddin mengatakan bahwa DWP pada usia ke-19 tahun telah menjadi organisasi yang besar yang ditunjuk untuk memberikan kemudahan dalam menjalankan program kerja otorisasi secara terstruktur.

“Perkembangan organisasi DWP masih banyak yang belum sesuai dengan yang diharapkan, sehingga masih banyak hal-hal yang harus ditingkatkan untuk mencapai tujuan organisasi DWP sebagaimana yang tertuang dalam utama strategis DWP tahun 2015-2019 dalam upaya mensejahterakan anggota, keluarga, dan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, hal ini juga mendorong kaum perempuan Indonesia secara umum, dan khususnya anggota DWP untuk terus berkiprah dan berkarya dalam memberdayakan dirinya, sehingga mampu mandiri secara ekonomi dan berperan menggerakan roda pembangunan nasional.

Ia mengatakan bahwa tahapan program kerja DWP tahun 2018 yaitu optimalisasi program kerja yang tersinkronisasi antara pusat maupun daerah dengan pelaksanaan program pemerintah dari berbagai bidang.

“Fokus pembangunan di Indonesia adalah fokus pembangunan pembentukan Sumber Daya Alam (SDA) yang berkualitas terutama pada perempuan,” jelasnya.

Selain itu, terdapat kegiatan lain dalam acara ini yaitu Bhakti Sosial meliputi donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sumsel dan cek kesehatan yang bekerja sama dengan Kementerian Agama Sumsel, serta seminar pembangunan nasional dan pemberian  bantuan beda rumah untuk satu kota kpeada pegawai Pemprov Sumsel.

Turut hadir dalam acara ini, Penasehat DWP Provinsi Sumsel Hj. Febrita Lustia HD dan Wakil Ketua Penasehat Hj. Fauziah Mawardi Yahya, serta dihadiri juga oleh pengurus Dharma Wanita Persatuan OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Dharma Wanita dari Kabupaten/kota se- Sumsel.

MC Diskominfo Provinsi Sumsel/PE/TM