TERKINI  
   

Berita Sumsel
| Back

Selasa, 13 November 2018 (21:58)

Diskominfo Sumsel Ajak Forum KIM se-Sumsel Dukung Program Internet Desa

Palembang sumselprov.go.id- Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Provinsi Sumatera Selatan dilaksanakan untuk memicu kabupaten/kota di Sumsel yang belum membentuk forum KIM sehingga dapat mendukung program pemerintah melalui informasi yang mengarah kepada kesejahteraan masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Provinsi Sumsel yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP), Amrullah, S.STP., M.Si., di Ruang Rapat Dinas Kominfo Sumsel, Selasa, 13/11.

“Pembentukan forum KIM dapat mendukung transformasi media jurnalisme (Citizen journalism) warga sehingga bukan hanya menjadikan masyarakat yang informatif tetapi menjadi media warga yang dapat memproduksi informasi,” ucapnya.

Amrul mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk membahas sinergisitas kerja antar Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Selatan dalam rangka membahas percepatan pembentukan forum KIM yang belum terbentuk di Kabupaten/Kota di Sumsel.

“Ada 9 Forum KIM yang baru terbentuk dari 17 Kabupaten/Kota di Sumsel, dan 8 Kab/Kota laginya akan dilakukan percepatan karena, KIM secara nasional juga akan dibina oleh Dirjen IKP,” katanya.  

Melalui kegiatan ini juga, akan dilakukan bimbingan untuk melakukan pembinaan kepada kabupaten/kota agar KIM lebih maju sehingga menjadikan forum KIM sebagai citizen journalism.

“Peran KIM sebagai media penyampai informasi dapat dilakukan melalui media tradisional yaitu kompetisi yang dilaksanakan secara nasional, di Palembang contohnya melalui media tradisional Dul Muluk,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa di tahun 2019 ada program internet desa yang rencana pembangunannya hanya dilakukan pada daerah-daerah yang telah membentuk KIM, sehingga diharapkan akan tercipta sinergi media jurnalis warga yang dapat memproduksi informasi, yang akan membantu pembangunan desa.

“Mari kita jadikan forum KIM ini sebagai transformasi media jurnalisme (Citizen journalism) warga sehingga bukan hanya menjadikan masyarakat yang informative tetapi juga menjadi media warga yang dapat memproduksi informasi,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua forum KIM Sumsel,  Prof. Dr. Hj. Isnawijayani, M.Si., mengajak seluruh peserta rakor untuk memeperkenalkan KIM dan memanfaatkannya untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.  

“Pemberdayaan KIM menjadi solusi alternatif guna menyadarkan arti penting berkelompok, Bertukar informasi,  serta membuka peluang kemitraan yang ada di masyarakat,” katanya.

Isna mengungkapkan terdapat beberapa cara untuk menanggulangi permasalahan yang menyebabkan rendahnya akses informasi di daerah pelosok yaitu mengadakan acara literasi media untuk mengajarkan masyarakat untuk berpikir terbuka dalam menggunakan info dengan basis teknologi, melalui kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada.

“Minimnya ketersediaan info media bagi publik di desa, sehingga apabila akan dilakukan sosialisasi dan pengembangan forum KIM maka membutuhkan upaya peningkatan wawasan penggunaan teknologi kepada para anggota KIM. Hal ini dilakukan untuk mempermudah sarana promosi kegiatan,” jelasnya.

KIM berperan sebagai pnyebar informasi bagi anggotanya dan masyarakat sekitar, yang didukung oleh web KIM Sumsel di www.kimsumsel.com sehingga melalui media tersebut masyarakat dapat lebih mudah untuk mengenal permasalahan dan prestasi yang ada di Sumsel. 

“Cara untuk memperkenalkan KIM kepada masyarakat yaitu Implementasi KIM dengan menerapkan informasi melalui pendampingan terhadap uoaya peningkatan kesejahteraan kelompok binaan; Networking,  yaitu membangun jejaring yg berkaitan dengan kelompok usaha, baik sesama KIM maupun dinas terkait.,” ungkapnya.

Menambahkan, penjelasannya, Ia mengungkapkan bahwa Diseminasi KIM juga perlu dilakukan karena  penyebaran informasj yang sudah diolah dan djyakini bermanfaat melalui diskusi. Dan juga Advokasi aspirasi untuk mendampingi masyarakat agar memiliki kemampuan menyampaikan aspirasi melalui citizen journalism, dengan mengajarkan masyarakat untuk membuat berita secara sederhana.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh perwakilan forum KIM dari 17 Kab/Kota Sumsel, dan juga seluruh Kasi dan staf Bidang PIP Diskominfo Prov. Sumsel.

MC Diskominfo Prov. Sumsel/PE/ Tim MC